Jawa Timur terkenal dengan beragamnya makanan khas, hampir setiap daerah mempunyai makanan khasnya tersendiri. Seperti lontong tuyuhan yang akan kita bahas kali ini, penganan nikmat ini merupakan makanan khas Rembang Jawa Timur.

Walaupun sama-sama terbuat dari lontong maksakan Jawa Timur bisa beragam jenis rasa dan namanya. Sudah kita kenal sebelumnya, ada lontong balap di Surabaya, lontong sayur, lontong pecel, lontong kupang dan masih banyak lainnya.

via : buzzerbeezz.files.wordpress.com
via : buzzerbeezz.files.wordpress.com

Dinamakan lotong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur.Ingin tahu rasanya, datang sendiri di pusatnya di tepi jalan desa beraspal jurusan Lasem-Pandan, tepatnya yang melintas di Desa Tuyuhan. Di situ banyak berjajar penjual makanan tersebut Nikmat. Itulah komentar yang sering diucapkan banyak orang usai jajan. ( Wikipedia)

via :embang.org
via :embang.org

Jika megingikan makanan khas Rembang ini pengunjung yang datang bisa makan sambil berekreasi. Sebab, para penjual sengaja membuka usahanya di tepi jalan yang jauh dari perkampungan penduduk dengan latar belakang pegunungan dan persawahan yang lebat tanaman padi.Para pendatang yang jajan benar-benar bisa merasakan lezatnya makanan tersebut sambil menikmati pemandangan alam dan semilirnya angin desa yang tak banyak tercemar polusi kendaraan.Dengan suasana alam seperti itu pengunjung merasa betah duduk di kursi panjang (dhingklik) yang disediakan.

Pengunjung akan dimanjakan dengan rasa lontong yang nikmat dan penyajianya bersamaan dengan potongan daging ayam yang simasak mirip opor ayam. Dengan kuah dari santan yang gurih dan pedas, penganan ini berhasil memanjakan lidah para penikmatnya.

LEAVE A REPLY