Picture By : ayuriska123.blogspot.com

Batik merupakan seni lukis di atas kain bergambar yang memiliki pola. Cara pembuatannya juga dibuat dengan khusus menggunakan zat lilin/malam yang dituliskan pada kain dan dilanjutkan dengan pengolahan yang khas. Seni lukis ini mempunyai banyak motif. Tercatat lebih dari 30 motif batik tersebar di nusantara.

Tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Tanggal tersebut lalu dikukuhkan sebagai Hari Batik Nasional. Hampir semua warga negara Indonesia meramaikan momen Hari Batik Nasional dengan berpakaian batik untuk beraktivitas.

Untuk lebih mengenal batik-batik asli Indonesia mari kita simak 7 motif batik terpopuler di Indonesia :

Motif Batik Sekar Jagad Yogyakarta

Picture by : www.batiktulisyogyakarta.com
Picture by : www.batiktulisyogyakarta.com

Motif batik ini memiliki filosofi yang unik yaitu diartikan sebagai peta dunia karena bentuknya yang seperti pulau-pulau. Makna sekar jagad sendiri adalah keindahan yang membuat orang terpesona saat melihat batik ini.

Motif Batik Keraton

Picture by : batikastriklaten.files.wordpress.com
Picture by : batikastriklaten.files.wordpress.com

Batik Kraton awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak termasuk Batik Udan Liris, dan beberapa motif lainnya.. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang siapa pun boleh memakai motif batik tersebut bahkan bisa kita lihat sudah banyak yang memodifikasinya menjadi batik yang modern.

Motif Batik Kawung

Picture By : blog.sribu.com
Picture By : blog.sribu.com

Motif batik ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Pada zaman dahulu, batik kawung hanya boleh digunakan oleh raja dan permaisurinya. Corak batik ini merupakan gambaran dari buah kawung atau yang biasa kita kenal sebagai buah aren.

Motif Batik Jepara

Picture by : sarongsboutique.files.wordpress.com
Picture by : sarongsboutique.files.wordpress.com

Pola pada motif batik jepara lama lebih menonjolkan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk motif batik jepara baru lebih seperti batik tulis yang memiliki banyak variasi. Batik jepara juga terkenal dengan sebutan batik kartini.

Motif Batik Tasikmalaya

Picture by : ruang-budaya.blogspot.com
Picture by : ruang-budaya.blogspot.com

Batik tasikmalaya pada umumnya bercorak rumput-rumputan, fauna, flora dan corak-corak lain yang berhubungan dengan alam. Untuk warnanya, motif batik ini menggunakan warna biru, coklat dan merah gelap.

Motif Batik Solo

Picture by : ambatikindonesia.blogspot.com
Picture by : ambatikindonesia.blogspot.com

Batik solo menggunakan konsep pembuatan batik yang tradisional yaitu menggunakan bahan alami untuk pewarnaannya. Corak yang paling terkenal dari batik ini adalah gelombang-gelombang sungai bengawan solo yang sejuk dipandang.

Motif Batik Pekalongan

Picture by : batikmodern.biz
Picture by : batikmodern.biz

Dijuluki sebagai kota batik, Pekalongan memiliki motif batik yang paling terkenal dari motif yang lainnya. Letak kota Pekalongan yang strategis membuat motif-motif dari kota tersebut dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Motif batik ini didominasi dengan corak fauna dan tumbuh-tumbuhan.

Sumber : kaskus.co.id, Wikipedia & batikmodern.com

By : Mada