Jakarta selain dikenal dengan kota Metropolitan yang ramai dan macet, ternyata di dalamnya juga menyimpan beragam macam tempat kuliner yang nyaman dan asri. Mulai dari konsep tongkrongan, café, restoran sampai berbentuk saung yang berdiri di atas kolam, semuanya ditawarkan demi membuat pelanggan nyaman dan berkunjung setiap waktu. Dan di sini, kita akan membahas 7 tempat makan yang sangat cocok untuk bersantap bersama keluarga dan anak-anak yang berada di Jakarta.

1. Gubuk Udang

Source : qraved.com

Gubuk udang merupakan salah satu tempat makan konsep saung yang berada di dalam area Buperta Cibubur. Lokasi yang dipinggir danau dan gubug-gubug yang di bangun mengelilingi kolam ikan, membuat suasana romantis dan sejuk, ditambah hembusan angin ringan yang terkadang menyapu pengunjung, sehingga dapat merasakan sejuknya alam sekitar. Makanya tempat makan ini selalu diramaikan pengunjung, bahkan khusus weekend saja di batasi max 2 jam untuk bersantap dan bersantai.

Source : kulinerjakarta.com & gubugudangsitucibubur.blogspot.com

Hampir sebagian besar makanan yang ditawarkan Gubuk Udang adalah sea food dan juga sejenis  makanan ikan tawar, seperti gurame goreng maupun bakar. Adapun menu special di sini adalah Udang Bakar Madu, menu yang menjadi andalan dan selalu dipesan oleh pelanggan karena kelezatan rasanya yang tiada tara. Range harga standar dalam satu keluarga (4 orang) berkisar Rp 200.000 –  Rp 400.000

Alamat :
Area Bumi Perkemahan  &  Graha Wisata Pramuka
Cibubur, Jawa Barat
Jam buka : 09.00 – 21.30 WIB

2. Telaga Sampireun
Source : anythingjakarta.com

Ini dia salah satu tempat makan keluarga yang paling favorit dan terkenal di Jakarta.  Telaga Sampireun yang khas dengan suasana bagai pedesaan di dalam kota. Sampai sekarang ini Telaga Sampireun sudah buka dua tempat, pertama di Bintaro dan yang kedua di Ancol. Tempat makan ini terbilang sangat lengkap diisi taman bermain untuk anak, tempat makan area indoor, dan tempat makan berkonsep saung yang paling diminati oleh para pelanggan.

Source : afulltimemom.files.wordpress.com

Dari suasananya juga sejuk ditambah lagi menu makanannya yang super lezat membuat Telaga Sampireun tak habis-habisnya dikunjungi pelanggan. Hebatnya tempat ini bisa menawarkan dua desain, desain pertama ketika siang hari, tempat ini bisa melihat ramahnya ikan-ikan yang  terus mendekati saung kita dan desain kedua adalah di malam harinya yang bermain hiasan lampu-lampu pijar seolah serasa nyaman bagai makan di atas air nan penuh romantic. Harga menu makanan Telaga Sampireun berkisar Rp 300.000 – 500.000/satu keluarga (4 orang).

Alamat :
Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7
Jl. Boulevard Bintaro Jaya Blok B7 No. N1,  Tangerang Selatan
Jam buka : 10.00 – 22.00 WIB

3. Raja Rasa Ampera
Source : rajarasa.com

Tempat yang bergaya sundanese modern ini juga tak kalah menariknya. Terdapat saung beratap alang-alang, tempat lesehan, kolam dengan air yang gemericik, serta alunan musik tradisional Sunda membuat warga Jakarta rindu suasana pedesaan. Raja Rasa juga memanjakan mata pengujungnya dengan sejumlah dekorasi dan koleksi barang antik. Restoran ini menyatakan dirinya berkonsep butik-galeri. Ruangan restoran dilengkapi dekorasi barang-barang antik serta barang seni lainnya.

source : tikars.blogspot.com

Rasa makanannya juga paling juara disbanding tempat lainya. Raja Rasa mengedepankan dua konsep, yaitu rasa dan suasana. Dua konseip inilah yang menjadi daya tarik pelanggan hingga selalu dikunjungi khususnya saat  weekend. Harga yang ditawarkan juga terbilang cukup tinggi dibanding tempat lainnya. Namun, baiknya memesan menu paket untuk satu keluarga (4 orang) yang terdapat beberapa pilihan dan range harganya juga standar, yaitu Rp 270.000 – Rp 370.000,-.

Alamat :
Jl. Ampera Raya No.137, Ragunan
Ps. Minggu – Jakarta Selatan
Jam buka : 10.00 – 22.000 WIB

4. Ikan Bakar Karimata

Source : http://sentul.restorankarimata.com/

Jika anda pecinta ikan bakar, maka wajib bagi anda untuk mencicipi ikan bakar dalam bambu Karimata. Ya.. Ikan yang dibungkus dalam bambu ini sempat membuat penasaran banyak orang sehingga sampai saat ini menjadi favorit yang pasti ramai setiap weekend. Namun, hebatnya tempat ini juga menampung cukup banyak orang sekitar 600an dan juga sudah buka dua tempat, yang pertama di Taman Anggrek di Jl. Taman Mini Indonesia Indah dan kedua di daerah Sentul yang menjadi pusatnya.

source : wownderfulife.files.wordpress.com

Menu special restoran ini adalah Ikan Patin bakar Bambu, menu makanan yang paling top, lezat, dan maknyus. Rasa dagingnya juga kenyal dibubuhi bumbu-bumbu rempah yang khas sampai ke dalam. Ikannya juga panjang dan biasanya satu ikan patin bakar bambu dimakan oleh 4 orang. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu Rp 120.000/porsi ikan patin bakar bambu. Namun, harga bisa naik sewaktu-waktu dan mungkin setia tahunnya. Namun, soal keunikan rasa dan konsep, Ikan Bakar Karimata paling oke dan juara.

Alamat :
Taman Anggrek, Jl. Raya Taman Mini
Jakarta Timur
Jam buka : 10.30 – 21.30 WIB (Setiap Senin tutup)

5. Bandar Djakarta

Source : http://www.seafoodcity.co.id/

Bagi anda pecinta sea food, Bandar Djakarta adalah juaranya. Restoran yang telah lama berdiri di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki ciri khas full sea food delicious, hampir semuanya berasa dalam dunia sea food yang berasa lezat dan nikmat. Di sini, pelanggan juga bisa melihat ikan-ikan dalam aquarium yang ingin dipesannya, termasuk lobster yang besar kemerah-merahan berjalan kesana-kemari.

Bandar Djakarta menjadi favorit warga Jakarta untuk makan di malam harinya, karena suasana di malam hari terasa hangat dibandingkan siang hari. Menu makanannya juga beragam macam begitu juga harganya terjangkau untuk kalangan keluarga (4 orang), yaitu sekitar Rp 400.000 – Rp 600.000,-. Bandar Djakart juga menerima paket untuk rombongan keluarga yang harganya juga bisa lebih murah. Pokoknya, Bandar Djakarta paling mantep untuk urusan makanan sea food.

Alamat :
Area Kawasan Taman Impian Jaya Ancol
Jakarta Utara
Jam buka : 11.00 – 23.30 WIB

6. Pulau Dua

Source : pulaudua.com

Restoran yang berdiri sejak tahun 1991 di daerah Senayan, ini terus menawarkan suasana makan yang unik. Di tengah bisingnya Jakarta, Pulau Dua menawarkan pelanggannya untuk sejenak mendapat ketenangan dalam suasana pulau tropis, sambil menikmati berbagai hidangan laut terbaik dari perairan Indonesia. Pulau Dua bisa dibilang agak exclusive dan sering menjadi tempat makan para pejabat maupun organisasi besar maupun parti. Konsepnya memang menarik dan areanya luas.

Menu makanannya juga standar sama-sama enak dan lezat. Hanya saja ciri khas Pulau Dua adalah kebersamaan. Restoran ini memang paling cocok untuk menikmati kebersamaan bersama rekan kantor, paguyuban, maupun komunitas yang berada di jantung ibukota. Harga untuk satu keluarga (4 orang) adalah sekitar Rp 300.000 – Rp 600.000 sesuai menu yang dipesan.

Alamat :
Kompleks Taman Ria Senayan
Jl. Jend Gatot Subroto – DKI Jakarta
Jam buka :
11.00 – 15.00 WIB dan 18.00 – 23.00 WIB

7. Saung Talaga

Source : http://photo.kontan.co.id/

Inilah salah satu rumah makan konsep saung yang namanya sudah anyar di kalangan warga Jabodetabek. Gimana tidak? Konsep dan rasanya juara, suasanya juga nyaman seraya memandang suasana telaga danau yang asri. Dan satu lagi yang perlu anda ketahui, bahwa Saung Talaga sering dikenal sebagai rumah makan berkonsep saung termurah dibandingkan yang lainnya. Wow.. Makanya walaupun saung ini berada di kota Depok, tapi tidak heran tempat ini menjadi favorit keluarga besar mulai dari anak-anak muda, komunitas, orang-orang tua ibukota.

Sudah murah, suasananya enak, makanannya lezat, membuat Saung Talaga tidak pernah kehabisan pelanggan khususnya saat weekend. Terkadang tempat ini juga ramai terdapat berbagai event yang diselenggarakan oleh pihak manajemen untuk menambah daya tarik pelanggan. Untuk range harganya adalah Rp 200.000 – 350.000,-/10 orang. SERIUS?? Yap.. inilah yang sering diceritakan oleh banyak orang. Bahkan sampai artis-artis juga sering datang berkunjugn ke sini.

Alamat :
Jalan Raya Sawangan No.1 RT 01/ RW. 04
Depok – Jawa Barat
Jam buka : 10.30 – 21.00 WIB

(dz)