Setelah melihat indahnya pantai Gatra yang merupakan wilayah konservasi mangrove yang bersih, kini bergeser sedikit menuju pantai Kondang Bandung yang menyimpan rahasia keindahan dengan kilauan pasir hitamnya.

baca juga : Pantai Gatra, Raja Ampatnya Jawa Timur

Pantai Kondang Bandung terletak di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dibutuhkan nyali yang tinggi untuk bisa menuju Kondang Bandung karena jalan terdekat dari Donomulyo harus melalui hutan jati. Mobil atau motor tidak bisa mendekat ke bibir kondang dan harus diparkir lumayan jauh di atas bukit hutan jati.

via : whiempy.blogspot.co.id
via : whiempy.blogspot.co.id

Pengunjung yang ingin turun ke kondang, terpaksa harus menuruni bukit dengan jalan merambat karena ketinggiannya sangat curam. Apalagi jalan setapak dipenuhi bebatuan putih seperti karang yang licin, rawan terpeleset jika tak hati-hati.

Dari bukit hutan jati menuju dasar Kondang Bandung memang tak terlalu jauh, sekitar 200 meter saja. Namun, karena curam itu, kelihatannya tak banyak pengunjung yang berani masuk lewat jalur tersebut, kecuali para nelayan tradisional yang rumahnya lebih dekat ke kondang dari jalan tersebut.

Pantai Kondang Bandung mempunyai kekhasan tersendiri dibanding pantai-pain Indah yang ada di Malang, Jawa Timur.  Pantai ini memiliki potensi yang luar biasa, terutama kandungan pasir hitamnya yang ditaksir bernilai mahal.

Pasir besi yang menyebar di sepanjang pantai sekitar 500 meter ini menjadi daya tarik Pantai Kondang Bandung. Hamparan pasir hitam bersih mengkilap ini tersebar menyeluruh di sela-sela pasir putih, sehingga dari kejauhan tampak seperti kilatan pasir yang menyala-nyala. Namun, Anda wajib waspada ketika mengunjungi pantai ini. Karena pasir di pantai ini suhunya sangat panas, maka jangan sekali-sekali menginjaknya dengan telanjang kaki tanpa menggunakan sandal atau sepatu.

Keberadaan pasir besi tersebut tak hanya menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Kondang Bandung. Sejumlah calon investor dari luar negeri, salah satunya dari Jepang rupanya juga terpikat untuk mengembangkannya. Bahkan, negeri Sakura itu telah melakukan survey pada awal tahun 2012 lalu. Contoh pasir mereka bawa untuk diteliti kandungannya. ( ngalam.co)

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui pasir besi Pantai Kondang Bandung mengandung mineral opak yang bercampur dengan butiran non-logam seperti kuarsa, kalsit, feldspar, ampibol, biotit, dan tourmaline. Sedangkan mineral biji pasir besinya terdiri dari magnetit, titaniferous magnetit, dan hematite. Fungsi utamanya untuk dimanfaatkan sebagai bahan semen.

via : cdn-media.viva.id
via : cdn-media.viva.id

Selain pasir hitamnya, pemandangan di tempat ini masih bersih dan jauh dari keramaian, sehingga dijamin Anda akan betah bermain di tempat ini. Mempunyai air bersih dan terumbu karang yang ada dibibir pantai membuat pantai ini cukup recommended untuk dikunjungi.

LEAVE A REPLY