“ Bersepeda Itu Sangat Mengasyikkan, Bersama “ Nge-Ngenjot Community “

0
196

Jakarta, 25 Juli 2017

Komunitas adalah suatu kumpulan atau kelompok orang yang mempunyai kesamaan dan kesenangan yang sama. Beberapa waktu yang lalu cepamagz menjumpai sebuah komunitas sepeda yang bernama “ Nge-Genjot Community “. Indri adalah salah satu diantara  5 wanita yang tergabung dalam Nge-Genjot Community, sekaligus adalah penggagas komunitas sepeda ini.

Genjot dalam Bahasa Jawa yang berarti mengayuh sepeda, dijadikan nama komunitasnya. Kebetulan saja Indri berasal dari Kota Surabaya. Dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang, komunitas sepeda ini hampir tiap minggu selalu bersama sama melakukan kegiatan bersepeda ini. Anggota komunitas dari berbagai kalangan dan tempat tinggal yang berbeda tentunya menjadi hal yang unik. Sebagai contoh, Indri beralamat di Depok, anggota yang lain, Panji dari Ciracas, Rawing dari Kalibata, Erlan dari Cilandak.

Mereka bertemu dan berkumpul menjadi satu komunitas, karena hobby yang sama, bersepeda.

Awal mulanya dibentuk komunitas, karena mereka biasa “nggowes “ ( istilah bersepeda ) dan sering ketemu di track sepeda UI, Depok. Mereka saling kenal dan ngobrol saat abis menikmati Track Sepeda.

Dari ngobrol ngobrol itu Indri menggagas kelompoknya dan merekapun bersepakat membuat komunitas sepeda  tersebut dengan nama Nge-Genjot Community.

“ Saya senang bersepeda sejak kecil hingga sekarang, makanya begitu ketemu teman yang sama hobbynya, saya senang sekali. “ ucap Indri.

Indri sendiri adalah Ibu dari seorang anak yang sehari hari juga bekerja di sebuah perusahaan swasta di bilangan Kembangan kebun Jeruk. Sebagai ketua komunitas, Indri yang memang posturnya kecil mungil

Tentunya harus bisa bersikap tegas dan bijaksana memimpin kelompoknya, yang notabene adalah laki laki, bahkan Panji sendiri sebagai anggota komunitas adalah seorang polisi yang berdinas di Mabes Polri.

 

“ Bersepeda itu sangat mengasyikkan, apalagi saat perjalanan di perkampungan dan daerah pinggiran.”

 

Anggota komunitas yang lain, Yuni  juga senada mengatakan, “ Bahwa kumpul bareng dan bersepeda sama sama itu sangat mengasyikkan. Jarak yang ditempuh tidak terasa jauh dan capek pun tidak terasa.”

“ Dari Sisi kesehatan, olah raga sepeda adalah salah satu olah raga yang dapat menggerakan seluruh organ tubuh, sejak dari ujung kaki hinggak kepala. Stresspun akan bisa terobati manakala bersepeda. JAntung menjadi kuat, otot paha kaki dn tangan juga terasa kuat.”

Di Jakarta sendiri, sebenarnya juga banyak komunitas sepeda, mereka biasa hadir di hari minggu ditempat yang sudah dijadikan track atau lintasan bersepeda, sebut saja, Track UI, Track JPG, Jatiasih, Warung Oncom Cikeas, dan masih banyak tempat untuk bersepeda. Selain itu juga , bagi komunitas yang suka bersepeda di jalan raya, dapat menikmati nggowesnya saat car free day di jalan  Sudirman dan Thamrin.

 

Menurut rencana, minggu depan mereka akan nggowes bareng ke daerah Cibubur dan seputaran Cikeas.

Bagi komunitas sepeda ini, selain bisa nggowes bareng, ternyata merekapun punya hobby yang sama, yaitu mencari tempat kuliner murah meriah di kampung kampung  menjadi tempat tujuan utama. Seperti saat ditemui cepamagz, komunitas ini sedang asyik makan pecel Madiun dan duduk lesehan.

BAgi nggoweser, bicara soal sepeda sebenarnya sangat variatif, bagaimana mereka melihat dan mempoisikan dirinya dalam hal pemenenuhan kebutuhan. Dalam arti, sepeda tidak harus mahal, tapi lebih didasari pada saat manfaat untuk kesehatan.

Adanya  komunitas nggowes ini, tentunya juga turut membantu program pemerintah dalam rangka “                             memasyarakatkan   olah raga, dan mengolah ragakan masyarakat “. (int.cepamagz)

LEAVE A REPLY