Tak perlu jauh-jauh ke negeri kincir angina untuk merasakan makanan khasnya, karena di Indonesia ada peniggalannya. Makanan berikut munkin bagi kita tidak begitu special karena sudah menjadi makanan yang biasa dijual dipasar atau bahkan di pinggir-pinggir jalan, pengen tahu makanan apa saja yang menjadi peninggalan Belanda di Indonesia?

Ratusan tahun menjajah Indonesia, tentu saja Belanda banyak mempengaruhi makanan Indonesia. Tahukah kalian jika banyak makanan Indonesia yang terpengaruh sama makanan khas negeri kincir angin tersebut? Nah, melansir dari situs forum terbesar di Indonesia kaskus.co.id, berikut 5 makanan Indonesia yang ternyata berasal dari Belanda.

Perkedel

Perkedel atau kadang disebut begedel merupakan gorengan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam bahan. Yang paling umum adalah perkedel dari kentang tumbuk. Namun kini perkedel juga bisa dibuat dari tahu, ikan, jagung, dan bahan-bahan lain.

Perkedel merupakan versi lokal dari frikadeller, gorengan berbahan kentang dan daging dari Belanda. Makanan ini sendiri sebenarnya diadaptasi Belanda dari gorengan daging cincang asal Denmark.

Lapis Legit

Lapis legit merupakan salah satu penganan manis yang biasa tampil dalam rijsttafel, jamuan gaya kolonial. Pada masa itu, kue ini lebih umum disebut spekkoek. Mirip dengan kue lapis Eropa, namun dengan tambahan rempah-rempah khas Asia Tenggara seperti adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya, spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.

Spekkoek di Indonesia biasa disebut spekuk, atau dikenal juga sebagai lapis legit, merupakan resep kue Indonesia-Belanda. Kue ini berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia dan merupakan kue yang terinspirasi dari kue Belanda dengan bahan lokal asli Indonesia. Kue lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang Eropa di antaranya kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan adas manis.

Kroket

Kroket merupakan olahan daging berbalut tepung panir yang bisa ditemui hampir di semua negara. Di Belanda, kroket adalah sejenis gorengan berbentuk lonjong yang terbuat dari ragout dan dilapisi tepung panir.

Kroket seperti inilah yang diadaptasi oleh kuliner Indonesia. Kentang tumbuk dengan isian ragout yang dilapisi tepung panir dan digoreng hingga kecoklatan.

Citarasa Indonesia juga mempengaruhi kroket Belanda. Bisa dilihat dari satekroket, kroket isi ragout bumbu sate yang populer sebagai jajanan pinggir jalan di Belanda hingga saat ini.

Kaasstengels

Namanya aja udah bahasa Belanda, kaasstengels. Kue keju yang satu ini paling sering muncul saat lebaran. Kaasstengels merupakan kue kering yang dibawa oleh penjajah Belanda pada masa kolonial.

Kaasstengels sendiri berarti ‘stik keju’. Makanan ini merupakan salah satu hapjes (snack) yang cukup populer di Belanda dan bisa dijumpai di toko-toko kue lawas yang menyediakan roti dan panganan ringan bergaya tempo dulu.

Kue Cubit
Siapa sangka, kue cubit yang masih bersaudara dengan pukis ini juga berakar dari kuliner Belanda. Kemungkinan besar, kue cubit merupakan adaptasi lokal dari poffertjes, panekuk mini yang diperkenalkan Belanda ketika menjajah bumi nusantara.

Sama seperti di Indonesia, di Belanda sana poffertjes juga populer sebagai jajanan pinggir jalan, terutama saat musim panas. Bahkan bahan-bahan dan cara pembuatannya pun relatif sama.

LEAVE A REPLY