Navdy kembangkan Head-up Display Mobil yang Mampu Terkoneksi Dengan Smartphone

0
171
Images : www.extremetech.com

Pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini membuat pabrikan otomotif berlomba-lomba membuat teknologi sebaik mungkin untuk menciptakan pengalaman berkendara yang semakin mutakhir. Ahir-ahir ini teknoloi HUD atau head up display semakin berkembang, dari mulai mampu menampilkan info kecepatan mobil sampai alat navigasi.

HUD dianggap lebih aman karena letaknya yang ada di depan pengemudi, jadi si pengemudi tidak perlu melihat ke dashboard atau MID untuk melihat arah navigasi.

Tak sedikit mobil masa kini yang dilengkapi dengan fitur Head-up Display atau HUD. Seiring dengan perkembangan jaman, tak sedikit pula pengendara yang membutuhkan fitur tersebut namun mobil yang mereka miliki belum menerapkan fitur HUD. Salah satu yang melihat peluang akan kebutuhan ini adalah Navdy.

Perusahaan yang bermarkas di kota San Francisco, Amerika, ini menawarkan sebuah alat HUD yang dapat memproyeksikan tampilan dari smartphone penggunanya. Alat ini akan menampilkan gambar navigasi, pesan teks, panggilan telepon, pengaturan musik, dan beragam notifikasi lainnya, melalui layar transparan di depan mata pengendara mobil.

Navdy juga dapat menginformasikan kecepatan mobil dan jumlah bahan bakar yang masih tersedia, tanpa harus membuat mata pengemudi melirik panel indikator di dashboard. “Alat ini tidak hanya sebuah layar yang mampu menampilkan segala informasi saja, namun diharapkan dapat mempermudah perilaku mengemudi menjadi lebih baik dan praktis,” jelas Doug Simpson, Chief Executive Officer Navdy.

Untuk mengaktifkannya, mula-mula pengendara harus mengunduh aplikasi Navdy (kompatibel dengan sistem iOS dan Android) pada smartphone dan kemudian memilih rute perjalanan. Setelah itu smartphone terkoneksi secara otomatis dengan Navdy. Alat ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari telapak tangan dan dapat dipindahkan secara mudah ke mobil lain.

Tampilan informatif yang diberikan oleh Navdy ini lebih cerah 40 kali dibandingkan dengan layar iPhone dan tingkat kecerahan tersebut akan menyesuaikan dengan cahaya yang ada di sekitar mobil. Navdy juga mengembangkan sistem pengenalan gerakan tangan, sehingga pengendara dapat menggerakan tangan ke kiri maupun ke kanan, untuk menjawab dan mengakhiri panggilan telepon.

Untuk pengaturan yang lebih kompleks, misalnya seperti mengubah tujuan perjalanan, terdapat Navdy Dial yang dapat digunakan untuk zoom in dan zoom out pada peta atau untuk mencari kontak telepon. Navdy Dial juga berfungsi sebagai mikrofon, saat pengendara ingin meminta bantuan dari Google Assistant atau Siri, untuk mencari musik, membaca atau membalas pesan teks, maupun untuk menjawab telepon.

Navdy sudah dilengkapi dengan program Google Map dan HERE WeGo, serta menggunakan sinyal GPS. “Bahkan akurasi sinyal GPS pada Navdy lebih baik daripada smartphone. Misalnya saat memasuki terowongan, Navdy tetap dapat menavigasi pengendara melalui sinyal LTE dari smartphone,” tambah Doug Simpson. Lalu bagaimana dengan harganya? Saat ini Navdy dijual dengan harga US$ 499 atau setara dengan Rp 6,7 juta. (ascomaxx/md)

LEAVE A REPLY