Oskab Rakab merupakan makanan khas Malang, Jawa timur yang sudah terkenal, dan menjadi hidangan favorit bagi kebanyakan warga malang. Nama Oskab Rakab dalam bahasa Ngalam ( Malang ) berarti Bakso bakar, namanya dibalik demikian karena bahasa yang terbalik adalah bahasa khas Malang, Jawa Timur.

Makanan yang terbuat dari bakso yang sudah matang lalu debakar ini sebenarnya makanan yang tergolong baru, Bakso Bakar pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man atau Suparman pada tahun 1997 silam.

Rupanya bakso bakar ini ditemukan dengan cara yang cukup unik. Perjalanan Soeparman yang akrab dipanggil Pak Man berjualan bakso ini sejak tahun 1955 di Situbondo dengan gerobak dorong. Namun di Situbondo ia mengalami banyak jatuh bangun dan sejak 1965 ia berpindah ke Jember. ( ngalam.com)

Ia mulai menjual sejak 1997, ia mulai membakar bakso ketika Presiden RI Habibie jalan-jalan ke Pasar Besar. Pak Man berbeda dengan pedagang bakso nakal kebanyakan, karena Pak Man memiliki prinsip meskipun dagangan bakso tidak habis, tidak akan dijual lagi. Namun karyawannya, setiap sepulang kerja sering membakar sisa bakso yang tidak laku. Karena aromanya menggugah selera Pak Man yang usianya saat ini sekitar kurang lebih 80 tahun, akhirnya ia pun mulai meracik bumbu dari bakso bakar. Sejak saat itu lah banyak bakso bakar yang dapat Anda temukan di Malang. ( ngalam.com)

Jangan kawatir dengan harga bakso bakar pakman, harganya cukup terjangkau namun rasa tak perlu ditanya lagi keenakannya.

Bakso Bkar Pak Man berada di depan SMPN 2 Malang atau di Jalan Diponegoro 19 A, Malang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY