Apakah Anda pernah makan Bebek Haji Slamet yag terkenal itu? Ternyata rahasia kenikmatan makannya terletak pada sambalnya. Mempunyai rasa yang pedas dan membuat pengunjung rela mengucurkan keringat.

Sambalnya biasa disebut dengan Sambel Korek, bagi orang jawa makan tak lengkap jika tanpa sambal. Makan dengan lauk apapun jika menggunakan sambal yang pedas dan nikmat, bisa nambah sampai berkali-kali.  Sambal korek dibuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, bahkan cara membuatnya juga sangat singkat.  Meski mudah, namun dibutuhkan trik-trik tertentu agar hasilnya makin mantab.

Pengen tahu cara dan trik cara membuatnya? Melansir dari dapurlagi.blogspot.co.id, berikut adalah trik dan resep rasahasi yang mampu membuat sambel korek nikmat ala warung Bebek H. Slamet

Pilih cabe yang gendut
Agar sambal korek buatan Anda menjadi enak, pastikan pilih cabai yang gendut dan segar. Hindari memilih cabe yang mentah, karena akan membuat rasa sambal menjadi langu.

Tambahkan bawang putih
Bawang putih bermanfaat memberi rasa gurih dan aroma lezat dari sambal korek buatan Anda. Tambahkan secukupnya ya, jangan berlebihan karena membuat rasa sambal menjadi getir.

Siram minyak panas
Setelah semua bahan diuleg hingga halus, pastikan siram dengan minyak panas sisa menggoreng bebek/ayam atau yang lainnya. Minyak memberi rasa gurih dan lezat pada sambal korek Anda.

Jangan lupa tambahkan garam
Agar sambal buatan Anda jadi lezat, jangan lupa menambahkan garam dan gula secukupnya.

Resep sambal korek ala Haji Slamet

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

15 buah cabe rawit merah

2 siung bawang putih

Garam dan gulapasir secukupnya

Minyak panas secukupnya

Cara membuat sambal korek :

  1. Campurkan semua bahan dalam cobek
  2. Ulek semua bahan hingga halus atau agak kasar
  3. Jangan lupa tambahkan garamdan gula pasir
  4. Siram sambal dengan minyak panas sisa gorengan bebek/ayam atau yang lainnya
  5. Aduk-aduk sambal hingga merata
  6. Sambal korek siap dihidangkan bersama ikan dan nasi hangat

Mudah dan cepat bukan cara membuat sambal tersebut? Tinggal tambahkan lauk ayam goreng, tempe, tahu, terong atau bebek. Niscaya makanan anda akan semakin nikmat dan pasti nambah makannya.

LEAVE A REPLY