Dibalik rasa pedas dan kenikmatan sambal terasi ternyata mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Jika Anda seorang pecinta rasa pedas, kurang afdol rasanya jika makan tanpa ditemani sambal. Rasa pedas dan nikmat yang ada pada sambal khususnya sambal terasi membuat nafsu makan semakin menjadi dan membuat ingin nambah jika sedang makan.

Aroma sedap dari sambal terasi tersebut ternyata bersumber dari terasi. Terasi merupakan produk awetan ikan-ikan atau rebon yang telah diolah melalui proses pemeraman atau fermentasi, penggilingan atau penumbukan dan penjemuran yang berlangsung selama + 20 hari. Ke dalam produk terasi tersebut ditambahkan garam yang berfungsi sebagai bahan pengawet, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga sering ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia.

Terasi umumnya berbentuk padat, teksturnya agak kasar, dan mempunyai kekhasan berupa aroma yang tajam namun rasanya sangat gurih.

Sambal terasi merupakan sambal yang lezat bagi pencintanya, aroma yang khas merupakan ciri khas tersendiri dari sambal terasi.Meski penggunaannya dalam makanan relatif sedikit, tetapi terasi memiliki fungsi penting karena rasa dan bau yang dibawanya.

Bahan baku pembuatan terasi yang berupa udang dan ikan-ikan kecil, dapat disimpulkan bahwa terasi mempunyai kandungan protein, kalsium dan yodium yang cukup tinggi. Energi 147 Kal; Protein 30.0 gr; Lemak 3.5 gr; Karbohidrat 3.5 gr; Kalsium 100 mg; Fospor 250gr.

Selain itu terasi juga merupakan sumber protein yang sangat baik  untuk pertumbuhan tulang . Seperti hewan air lainnya, udang rebon merupakan sumber protein hewani yang sangat baik. Seratus gram udang rebon segar mengandung protein sebesar 16,2 gram. Kandungan ini hampir sama dengan kandungan protein pada udang segar.

Selain baik untuk tulang, konsumsi makanan kaya kalsium juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Melansir dari palingseru.com, Penelitian Margo A. Denke dari University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, Amerika Serikat, menunjukkan pemberian suplemen kalsium pada pria dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 11 persen bila dibandingkan dengan makanan yang berkalsium rendah.

Bukan hanya trasinya saja yang bermanfaat, bahan utama yaitu cabe, ternyata juga bermanfaat bagi tubuh.Pada cabe rawit yang rasa pedasnya luar biasa pada sambal terasi, ternyata mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang konon dapat mengalahkan kandungan pada buah-buahan seperti mangga, nanas, papaya atau semangka.

Bahkan menurut penelitian, kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor mengungguli ikan segar. Sebetulnya di antara jenis-jenis cabai lainnya, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, hingga dua kali lipat.

Sementara kadar betakarotennya pun lebih unggul dibandingkan dengan paprika hijau, 9 kali lebih besar. Sebagian besar kandungan betakaroten paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit.

Kebayang kan manfaat dari semua vitamin yang ada pada sambal terasi? Selain menjadi teman makan , ternyata sambal terasi ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

LEAVE A REPLY