Suzuki Ignis, Mini SUV Termanis

0
224
images : suzuki ignis, ascomaxx.com

Setelah tahun lalu sempat tampil di ajang pameran mobil di Indonesia, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki Ignis secara resmi di Indonesia. Desain dan karakter yang unik, menjadi menu utama yang disuguhkan oleh ‘Urban SUV’ ini. Suzuki Ignis dikembangkan dengan desain yang benar-benar baru dan mengusung konsep yang kompak namun tetap tangguh.

Suzuki Ignis menggunakan struktur bodi Total Effective Control Technology sebagai pendukung aspek keselamatan dan menggunakan platform baru yakni HEARTECT. Penggunaan material high-tensile steel pada platform bodi bagian bawah tersebut memungkinkan Suzuki Ignis tetap kokoh saat melibas jalanan yang kurang mulus.

Selain struktur bodinya yang kompak dan kokoh, Suzuki Ignis juga didesain secara futuristik. Hal ini diperlihatkan melalui penggunaan Daytime Running Lamp yang mengelilingi desain lampu depan, serta adanya projector LED headlamp (khusus tipe GX) yang menambah kesan modern. Karakter SUV lain yang terlihat pada Suzuki Ignis ialah pada sisi kap mesin yang memiliki kisi-kisi udara, layaknya pada Jimny maupun Vitara.

Pada keempat fender roda dilengkapi dengan garnish yang tak hanya membuat Suzuki Ignis terlihat gagah, tapi juga membuat sosok mobil ini semakin dinamis. Pada pilar C terdapat aksen slit-like design yang sportif, serupa dengan apa yang diterapkan pada Suzuki Cervo dan Fronte Coupe di era 1970an.

Interior Suzuki Ignis juga modern dan futuristic. Bahkan warna eksteriornya pun merambah bagian interior, yakni pada doortrim dan console tengah. Kedua jok depannya juga bergaya sportif dan mampu menopang tubuh dengan baik. Head unit Suzuki Ignis seolah terlihat mengambang, karena memang terpisah dari dashboard. Head unit tersebut dilengkapi dengan CD player dan USB slot dengan format MP3 maupun WMA, bahkan terdapat fungsi Bluetooth untuk tipe GX.

Suzuki Ignis mengusung mesin empat silinder K12M 1,2 liter DOHC dengan teknologi Variable Valve Timing, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 82 hp dan torsi puncak 113 Nm. Suzuki Ignis yang dipasarkan di Indonesia memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual 5-speed dan Auto Gear Shift 5-speed.

“Dengan hadirnya Suzuki Ignis di hadapan masyarakat Indonesia, diharapkan dapat meberikan warna baru di dunia otomotif Indonesia,” ujat Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Suzuki Ignis dipasarkan mulai dengan harga Rp 139,5 juta untuk tipe GL M/T, Rp 159,5 juta untuk GX M/T, dan Rp 169,5 juta untuk tipe GX AGS. ascomaxx.com

 

LEAVE A REPLY